0

Tidak ada yang menyangkal bahwa kini digital marketing adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Mulai menurunnya iklan online tradisional telah mendorong bisnis untuk mengembangkan teknologi online untuk mencapai konsumen. Kali ini, digital marketing mulai fokus untuk menyentuh dan menciptakan hubungan dengan konsumen; tidak hanya beriklan saja.

Saat digunakan dengan benar, digital marketing akan memungkinkan bisnis untuk mencapai target dan juga pasar, menambah banyak konsumen baru, lebih banyak penjualan, dan juga perkembangan jangka panjang.

Walau begitu, teknologi digital yang kompleks bisa membuat memilih strategi marketing digital yang tepat menjadi sulit. Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk mengoptimasi rencana marketing digital bisnis di berbagai platform.

Selalu Update Strategi SEO (Search Engine Optimization)

Kita tahu bahwa kita hidup di dunia yang terus berubah mengikuti tren, perubahan, dan juga informasi baru. Hal ini menjadi sangat penting bagi search engine optimization atau SEO. Bahkan, Google selalu memperbarui algoritmanya sebanyak lebih dari 100 kali setiap tahun. Sehingga, kita perlu untuk selalu menjaga optimasi SEO. Sehingga produk bisnis kita akan terus bisa muncul dalam pencarian.

Paling tidak, update strategi SEO selama tiga atau empat bulan sekali. Perhatikan keywords dan juga jumlah pencarian yang terkumpul setiap bulannya. Pilih keywords yang memang bisa meningkatkan bisnis. Jangan lupa untuk selalu mengetahui perubahan mengenai strategi SEO.

Kerahkan Pergerakan Blogging

Setiap hari akan ada konten baru yang tersedia online dan bisa mengurangi potensi terlihatnya bisnis kita. Untuk tetap ada di dalam dunia digital marketing, maksimalkan blogging.

Posting konten yang memiliki relevansi dan juga nilai untuk meningkatkan traffic ke dalam website dan media sosial kita. Dengan begitu, nantinya pasar juga akan ikut meningkat. Sembilan puluh persen konsumen biasanya akan ingin membeli barang yang asli dibandingkan yang murah. Memposting konten akan membuat konsumen mendapatkan rasa otentik dan kepribadian dari brand. Sehingga menguatkan hubungan antara brand dan konsumen.

Pastikan Konten Ramah Mobile

Terdepan dalam digial marketing berarti juga ramah untuk diakses oleh berbagai platform. Konten digital marketing hanrus terlihat menarik tidak hanya di dekstop, tapi juga di perangkat mobile dan tablet. Untuk memaksimalkan tampilan konten dalam aperangkat mobile, perhatikan ukuran gambar, penempatan konten, dan juga struktur URL.

Di dunia bisnis online yang sangat cepat seperti sekarang, sedikit kesalahan akan membuat kita kehilangan konsumen. Pastikan bahwa konten online bisa mudah dikenali, diakses, dan ditemui di berbagai perangkat. Sehingga bisnis kita akan lebih meyakinkan bagi konsumen.

Gunakan Email

Tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya email saat ini. Sejak perkembangan smartphone semakin tinggi, email ada di setiap genggaman pemiliknya. Sehingga, email sangat memiliki peranan penting dalam bisnis digital marketing.

Pengguna email di smartphone kini meningkat 180 persen sejak tahun 2014. Tidak seperti strategi lainnya, memanfaatkan email untuk pemasaran juga memiliki keuntungan tersendiri. Email cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan strategi marketing lainnya.

Dengan emnggunakan email dalam strategi marketing digital, kita misa menjangkau banyak konsumen untuk terhubung dengan kita. Apalagi, lewat email, pesan yang sampai ke tangan konsumen sendiri bisa disesuaikan dan intim. Sehingga konsumen akan merasa bahwa kita berbicara langsung dengan mereka. Bukan hanya iklan biasa.

Kembangkan dan mulai manfaatkan email untuk menginformasikan tentang produk baru, promo, atau berbagai informasi lainnya. Sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan bisnis kita.

Roro Jonggrang

Previous article

Tangkuban Perahu (Sangkuriang)

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *