0

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam suatu periode biasanya dalam satu tahun. Salah satu indikator telah terjadinya alokasi yang efisien secara makro adalah nilai output nasional yang dihasilkan oleh sebuah perekonomian suatu negara dalam periode tertentu.

Pengertian pendapatan nasional dapat dilihat melalui tiga pendekatan, seperti:

  • Pendekatan produksi, melalui pendekatan ini pendapatan nasional diartikan sebagai penjumlahan nilai tambah dari setiap barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu.
  • Pendekatan pendapatan, nah kalo yang satu ini pendekatan pendapatan nasional yang menghitung jumlah pendapatan yang diterima oleh pemilik faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa suatu negara dalam satu periode tertentu.
  • Pendekatan pengeluaran, pendekatan ini menghitung pendapatan nasional dari jumlah pengeluaran seluruh pelaku ekonomi, baik di dalam negeri maupun luar negeri selama satu periode tertentu.

Untuk lebih jelasnya penjelasan tentang Produk Domestik Bruto (GDP), Produk Nasional Bruto (GNP), Produk Nasional Neto (NNP), Pendapatan Nasional Neto (NNI) dan Pendapatan Perseorangan (PI) dapat dilihat disini dan untuk perhitungannya seperti dibawah ini: (Ref RG)

Kondisi Geografis Negara-Negara Kawasan ASEAN

Previous article

Jodoh itu Dekat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi