Informasi
COVID-19

Coronavirus Disease 2019

Panduan Penanganan Corona

Informasi tentang penanganan Corona

Jaga Tubuhmu

Kamu dapat Mencegah penularan virus Corona

Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita.

Gunakan Masker

Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.

women-doctor-370x498

Kesehatan dan Kebugaran

Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh meningkat.

Tutup Mulut

Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).

Informasi tentang media KIE atau situasi perkembangan COVID-19, dapat diakses melalui:

Anda dapat menghubungi Kemenkes dari berbagai kanal digital

Telepon Kemenkes

1500567

Berita Terbaru Coronavirus

Informasi terbaru tentang Coronavirus

The Center of Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit setuju jika mencuci tangan dengan benar menjadi salah satu cara mencegah penularan penyakit

aplikasi belajar Ruangguru menggratiskan materi belajar di aplikasi mereka. Selain itu, materi pelajaran dapat diunduh oleh pengguna Telkomsel tanpa memotong kuota internet.

Ada yang menyebut jaga jarak sosial, mengurangi kontak antarwarga atau dalam bahasa Inggris, social distancing. Apa artinya itu?

Play Video

Tanya Jawab

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

Gejala umum berupa demam ≥380C, batuk kering, dan sesak napas. Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit, atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19. Atau bisa juga seseorang terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit.

Sampai saat ini, para ahli masih terus melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, dan cara penularannya. Tetap pantau sumber informasi yang akurat dan resmi mengenai perkembangan penyakit ini.

Website COVID-19

Website pemerintah untuk COVID-19

INFO
covid-19
INFO
iNFEKSI EMERGING
INFO
sTAFF kEPRESIDENAN
INFO
Deteksi Dini Covid19 - UMM

Website COVID-19

Website pemerintah daerah untuk COVID-19

PROV
JAWA BARAT
PROV
JAWA TENGAH
PROV
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
PROV
JAWA TIMUR
PROV
BALI
PROV
Nusa Tenggara Barat
KOTA
DKI Jakarta
KOTA
Banten
KOTA
BEKASI
KOTA
Malang

Ikuti perkembangan persebaran virus Corona

Anda dapat mengikuti informasi tentang update persebaran Coronavirus secara berkala