Kumpulan Artikel Terbaru Terkini dan Terpopuler

Fakta Seputar “Fuleco” Maskot Piala Dunia 2014

Fakta Seputar “Fuleco” Maskot Piala Dunia 2014

Ajang kompetisi sepak bola terbesar dunia yaitu Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Brazil merupakan suatu event yang sangat dinantikan bagi para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Sama dengan pagelaran Piala Dunia tahun-tahun sebelumnya maka Piala Dunia tahun ini pun juga memiliki maskot yang desain dan namanya telah melalui seleksi ketat oleh panitia lokal dan komite yang sangat terpercaya di Brazil. Piala Dunia 2014 kali ini juga mengambil tokoh binatang sebagai maskotnya yaitu suatu desain yang berupa seekor yang diberi nama “Fuleco”. 

Berikut ini adalah fakta-fakta unik seputar terpilihnya “Fuleco” sebagai maskot Piala Dunia 2014 : 

 
 
1. Hewan Armadillo dipilih sebagai ide maskot Piala Dunia 2014 karena saat ini status hewan sebangsa trenggiling dan memiliki nama ilmiah Tolypeutes tricinctus adalah terancam punah. Hewan endemik Brasil ini sekarang hanya terdapat di bagian timur laut Brasil yang memiliki iklim kering. 
 
Populasi hewan ini terancam punah karena habitatnya yang sedikit demi sedikit mengalami kerusakan. 
 
 
2. Nama “Fuleco” yang diberikan untuk maskot Piala Dunia 2014 ini merupakan akronim dari kata Futebol dan Ecologia. Futebol merupakan bahasa Portugis yang menjadi bahasa kebangsaan Brazil yang berarti sepak bola, sedangkan Ecologia diambil dari kata ekologi yang memiliki arti yaitu lingkungan. 
 
Dua kata tersebut dipilih sebagai cara untuk mensosialisasikan ajakan kepada semua orang agar menjaga keseimbangan lingkungan dunia agar habitat dan populasi hewan-hewan langka seperti Armadillo dapat terjaga dan tidak mengalami kepunahan. 
 
Ajang Piala Dunia dirasa sebagai even yang sangat tepat digunakan untuk sosialisasi mengingat sepak bola merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia.
 
3. Desain “Fuleco” telah menyisihkan 47 desain maskot lainnya dalam seleksi pemilihan maskot Piala Dunia 2014. Maskot yang digambarkan dengan seekor trenggiling yang berwarna kuning, bermata hijau dan punggung berwarna biru ini mewakili ketiga warna yang ada di bendera negara Brazil. 
 
Desain “Fuleco” yang memakai kaos putih bertuliskan Brasil 2014 dan memegang bola di tangannya terkesan unik, lucu dan menarik. 
 
 
4. Nama “Fuleco” merupakan salah satu nama yang terpilih dari dua kandidat nama lainnya untuk maskot Piala Dunia 2014 yaitu Amijubi dan Zuzeco. Fuleco terpilih karena berhasil mengumpulkan 48% suara dalam polling online yang melibatkan sekitar 1,7 juta orang. 
 
Sedangkan Amijubi mendapat 17% suara dan Zuzeco mendapat 31% suara.
 
 
5. Dalam proses seleksi pemilihan nama maskot Piala Dunia 2014, ketiga nama yang diajukan yaitu Fuleco, Amijubi dan Zuzeco sempat mendapatkan penolakan dari warga Brasil karena dinilai ketiga nama tersebut kurang representatif bagi ajang sepakbola terbesar di dunia. 
 
Namun panitia tetap tidak merevisi ketiga nama tersebut karena selain membutuhkan dana yang besar, ketiga kandidat nama tersebut sudah memenuhi persyaratan hukum. 
Itulah beberapa fakta unik dan menarik sekitar pemilihan dan penetapan “Fuleco” sebagai maskot Piala Dunia 2014. Berbagai macam pernak-pernik seperti kaos bergambar “Fuleco”, boneka “Fuleco”, gantungan kunci “Fuleco”, dll telah banyak diproduksi di berbagai negara di dunia.
 
-KASKUS-

3 Comments

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top