0

Tanpa terasa kita sudah memasuki minggu kedua di bulan Januari 2019. Waktu berlalu begitu cepat, kali ini akan membahas film Glass yang akan segera rilis pada pekan ketiga bulan Januari 2019. Film Glass memang sudah lama direncanakan bakal memasuki tahap produksi setelah kita sama-sama menyaksikan Split yang rilis 3 tahun laludimana terdapat adegan tidak terduga di bagian akhir. Tokoh David Dunn diperlihatkan muncul dalam sebuah cafe sedang duduk santai menikmati hidangan kopi sembari menyaksikan tayangan berita di televisi.

Televisi yang memberitakan sebuah kasus kriminal yang dilakukan oleh Kevin Wendell, tokoh utama dalam film Split. Kemunculan David Dunn tentu menjadi kejutan, sebab Dunn adalah tokoh utama yang berperan dalam film Unbreakable yang lebih dahulu tayang 19 tahun yang lalu. Dunn yang diperankan oleh aktor legenda, Bruce Willis akan beradu akting dengan Kevin Wendell yang diperankan oleh James McAvoy. Namun bukan mereka berdua saja yang mendapat porsi cerita dalam film Glass. Ada satu lagi tokoh yang juga muncul dalam film Unbreakable selain David Dunn. Ia adalah Elijah Price yang diperankan oleh Samuel L. Jackson akan ikut meramaikan film Glass dengan kemampuan tidak biasa yang dimiliki olehnya.

  • Pengenalan Karakter

David Dunn

Pertama, informasi mengenai 2 tokoh yang terlibat dalam film Unbreakable (2000). Salah satu tokoh bernama David Dunn (Bruce Willis) diceritakan tidak pernah mengalami luka atau sakit. Saat masih anak-anak, ia pernah mengalami kecelakaan hebat namun anehnya Dunn tetap baik-baik saja. David Dunn bepergian menggunakan kereta api dan naasnya kereta yang ia tumpangi tersebut mengalami kecelakaan lalu menewaskan semua penumpang di dalamnya yang berjumlah 132 orang, kecuali David Dunn yang anehnya tidak mendapat luka sedikitpun. Selamatnya ia dari peristiwa naas tersebut membuat orang-orang berpikir bahwa David sangat beruntung, namun berbeda pendapat dengan Elijah Price. Setelah mendengar berita mengenai David Dunn tersebut, Elijah segera menghubungi David dan menceritakan bahwa kekuatan yang dimiliki Dunn adalah anugerah. Mendengar hal tersebut Dunn tidak langsung percaya bahkan tidak juga peduli, Dunn lebih ingin fokus memperbaiki hubungan dengan istri dan anaknya yang sempat dilanda masalah.

Seiring berjalannya waktu, Dunn mulai merasa bahwa yang dikatakan Elijah ada benarnya. David yang merasa memiliki anugerah tersebut menggunakannya untuk kebaikan. Tidak hanya itu, David memiliki kemampuan untuk melihat dosa atau tindak kejahatan dari orang yang disentuhnya. Sering berbuat kebaikan, David Dunn lebih bersemangat menjalani hidup.

Elijah Price

Samuel L. Jackson adalah aktor berikutnya yang turut serta beradu akting dengan Bruce Willis dalam film Unbreakable yang rilis 19 tahun silam. Sam memerankan tokoh Elijah Price seorang penderita penyakit langka bernama Osteogenesis Imperfecta yang membuat penderitanya memiliki tekstur tulang yang lemah dan mudah patah. Itulah sebabnya ia dijuluki sebagai “Mr.Glass”. Penyakit langka tersebut mengharuskan ia terus berada di rumah sakit. Komik menjadi bacaan yang ia sukai ketika berada di rumah sakit lalu dia tumbuh besar menjadi pedagang komik langka. Melalui komik tersebut, Elijah menciptakan teori “jika ada orang dengan tubuh lemah sepertinya, maka sebaliknya pasti ada orang dengan tubuh yang sangat kuat”. Kepercayaan ini mengantarkan dia untuk bertemu dengan David Dunn setelah menonton berita tentang kecelakaan kereta di TV.

Namun, ternyata Elijah adalah penyebab utama dari sejumlah kecelakaan massal yang terjadi seperti peristiwa ledakan di pesawat, pembakaran hotel, dan kecelakaan kereta api yang ditumpangi David Dunn. Fisik memperlihatkan bahwa Elijah terlihat lemah, Namun ia memiliki IQ yang tinggi. Tindakannya dalam memicu kecelakaan dan menewaskan banyak nyawa adalah untuk membuktikan teori berbahayanya tersebut. Selamatnya David Dunn dari kecelakaan kereta dianggap berhasil membuktikan teorinya. David yang mengetahui tindakan berbahaya Elijah tersebut merasa kecewa lalu menjebloskannya ke penjara.

Kevin Wendell Crumb

Kevin Wendell, satu lagi tokoh yang juga memiliki keunikan dalam dirinya turut hadir dalam film Glass. Kevin Wendell diperankan oleh James McAvoy dalam film Split (2016). Kevin dikisahkan sebagai penderita Dissociative Identity Disorder yang punya banyak kepribadian. Kevin memiliki kasus langka karena memiliki hingga 23 kepribadian, tetapi kepribadian ke 24-nya yang bahkan tidak diketahui psikiater pribadi Kevin akan diperlihatkan dalam film ini. Meskipun tidak semua kepribadian ditonjolkan, setidaknya ada 5 kepribadian yang paling sering diperlihatkan dalam film Glass kali ini.

Kepribadian tersebut menggunakan nama Dennis yang menderita Obsessive-Compulsive Disorder, Patricia seorang wanita dengan sifat yang ketus, Barry seorang pria yang lemah gemulai dan menyukai fashion, serta Hedwig seorang anak berusia 9 tahun. Terakhir adalah kepribadian ke 24 yang sangat buas dan memiliki fisik luar biasa di atas rata-rata manusia pada umumnya. Keberadaan Kevin di akhir film Split memang tidak jelas, Namun untuk trailer film Glass, Kevin sudah berada di rumah sakit jiwa. Rentang waktu antara film Unbreakable (2000) dan Split (2016) memang terpaut 16 tahun, tetapi hal ini sudah dipersiapkan oleh sutradara M. Night Shyamalan untuk membuatnya menjadi kisah lanjutan berjudul Glass (2019). Tokoh lain yang juga berasal dari film Split turut dihadirkan kembali. Jika agan masih ingat korban yang berhasil selamat dari kebuasan Kevin yaitu Casey Cooke, tokoh remaja wanita ini akan kembali diperankan oleh aktris Anya Taylor-Joy untuk lanjut beradu akting dengan aktor James McAvoy dalam film Glass.

  • Kerjasama Studio Disney dan Studio Universal Pictures

Pada bagian judul kami sudah memberitahukan bahwa film Glass menggabungkan beberapa tokoh dari 2 film berbeda menjadi satu. Namun yang berbeda tidak hanya itu, hak cipta untuk kedua film masing-masing dipegang oleh 2 studio film yang berbeda. Jika hak cipta film Unbreakable (2000) dipegang oleh studio Disney Buena Vista International, maka hak cipta film Split (2016) berada dalam naungan studio Universal Pictures. Adanya kerja sama antara studio Disney dan Universal Pictures mampu merealisasikan produksi film Glass menjadi kenyataan tentu saja dengan menghadirkan beberapa tokoh dari 2 film berbeda tersebut meskipun sutradaranya tetaplah orang yang sama. Hal ini seperti yang dikatakan oleh sang sutradara, M. Night Shyamalan bahwa Film ini cuma terlaksana sekali saja dimana Disney sebagai pemilik studio Buena Vista International, memegang hak cipta untuk film Unbreakable (2000), dan hak cipta film Split (2016) dimiliki oleh Universal Pictures, mereka bekerja sama demi terlaksananya film ini.

Quote:
[friday_blockquote class=”st-1″ title=”The author name”]Menurutku, hal seperti ini tidak akan terjadi lagi, dimana ada dua studio yang memegang hak cipta untuk masing-masing film. Saat aku bertanya, bisakah kita membuat sekuel dari 2 film sebelumnya, dan kalian bekerja sama untuk merealisasikannya? Kemudian mereka bilang, “Ya”.[/friday_blockquote]

  • Lama Proses Produksi

Film Glass yang saat ini sudah tinggal menunggu penayangan di beberapa negara tentu sebelumnya menjalani proses produksi yang tidak sebentar. Dibutuhkan waktu 39 hari proses pengambilan adegan yang dimulai sejak tanggal 2 Oktober 2017 dan naskah cerita yang tebalnya 134 halaman. Rumah sakit yang dijadikan latar dalam film Glass dulunya adalah bekas Rumah Sakit Jiwa yang berlokasi di kota Allentown, Pennsylvania. Tahun 2019 dipilih sebagai waktu yang tepat untuk menayangkan film Glass secara global. Di Indonesia sendiri film Glass sudah memiliki jadwal tayang yaitu pada hari Rabu tanggal 16 Januari 2019 dan tersedia juga dalam format IMAX. (Referensi: kaskus)

Taman-Taman Kota yang Instagramable Untuk Kamu Kunjungi

Previous article

Sejarah Negara Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Movie