0

Indonesia dikenal dengan banyaknya pilihan wisatanya mulai dari gunung hingga laut yang sangat eksotis dan mampu menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung. Terbukti dengan data dari bps yang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang tinggi. Setiap kota mempunyai ciri khasnya masing-masing dan tentu mempunyai potensi yang berbeda-beda dengan kota lainnya. Mari kita ulas kota-kota mana saja yang menjadi favorit turis lokal hingga mancanegara.

  • Bali

Salah satu pantai di Bali – Gambar oleh: asiawebdirect.com

Bali identik dengan Pantai Kuta dan Legian. Nah, kawasan itulah yang masuk dalam Kabupaten Badung. Kabupaten ini menyimpan banyak destinasi terkenal dari Bali seperti Taman Garuda Wisnu Kencana, Legian, hingga Pura Uluwatu. Pantai Kuta hingga Seminyak juga jadi destinasi tak pernah sepi pengunjung. Dari alamnya yang cantik, sampai pertokoan dan tempat nongkrong yang sedang ramai. Hampir dua pertiga dari kawasan Badung masih ramai hingga tengah malam. Legian jadi pusat keramaian, apalagi akhir pekan. Tak heran kabupaten ini selalu masuk dalam itinerary kan!

Kemudian kota ini identik dengan pemandangan sawah yang hijau dan udara yang sejuk. Museum dan rumah seni tersebar di penjuru kota. Tinggal pilih mau datang ke mana. Di sini juga jadi pusatnya wisata retreat. Hotel dan resort yang ramah lingkungan dan hijau berdiri berpadu dengan alam. Cara paling asyik keliling kota ini? Dengan sepeda tentunya!

  • Jakarta

Monas di malam hari – Gambar oleh: tripsavvy.com

Jakarta memang dikenal macet dan sumpek. Tapi di balik semua itu ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Waktu seharian pun rasanya masih kurang untuk mengeksplor tempat wisata di Jakarta.

Mulai dari landmark kota seperti Monas dan Bundaran HI, sampai Kebun Binatang Ragunan yang mudah dijangkau naik bus TransJakarta, semuanya asyik dikunjungi ketika liburan di ibukota. Menikmati budaya Betawi juga bisa karena ada kampung Betawi Setu Babakan.

Bagi traveler yang hobi belanja, Jakarta juga menjadi tujuan liburan yang tepat. Aneka pusat perbelanjaan dari yang tradisional hingga mewah tersedia di sini. Di waktu-waktu tertentu pun akan ada banyak diskon menggiurkan di berbagai mal.

  • Yogyakarta

Jalan malioboro yang sangat iconic – Gambar oleh: journesia.com

Yogyakarta tidak bisa dilewatkan sebagai kota tujuan liburan semua orang. Seperti yang orang lokal, Yogyakarta memang istimewa. Kita mau apa, Yogyakarta punya. Wisata keraton, belanja di Malioboro, borong batik di Pasar Beringharjo, sampai menikmati nuansa bangunan kolonial dan benteng tua.

Yogyakarta juga punya sejumlah candi untuk kita kunjungi termasuk Prambananan. Mau bicara kuliner, Yogyakarta jagonya, mulai dari angkringan dan kopi joss, sampai gudeg nan lezat. Dari kaki lima, sampai restoran bergaya seni bisa kita pilih sesuai bujet.

Yogyakarta adalah tempat yang sempurna dimana inovasi bisa berpadu sempurna dengan budaya. Yang paling baru, atraksi panahan Jemparingan yang merupakan tradisi prajurit keraton, kini menjadi kegiatan seru yang lagi tren di kalangan komunitas dan wisatawan.

  • Bandung

Salah satu destinasi favorit wisatawan – Gambar oleh: shopify.com

Bandung di Jawa Barat dikenal sebagai kota kreatif dengan udara sejuk. Rasanya tidak ada kata bosan untuk liburan ke Bandung. Traveler yang doyan wisata alam, seni, belanja dan kuliner bisa liburan maksimal di Bandung.

Untuk wisata alamnya, ada Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih atau Kebun Begonia. Kalau mau nongkrong dan belanja, traveler bisa datang ke kawasan Dago. Factory outlet dengan banyak berkualitas berjejer di sana.

Mau punya foto keren buat diunggah di media sosial? Bandung punya banyak taman yang cocok untuk nongkrong sekaligus foto-foto. Ada Alun-alun di depan Masjid Raya Bandung, Taman film, Taman Musik Centrum hingga Taman Jomblo.

  • Malang

Pantai 3 warna

Inilah eskapisme terkenal di Jawa Timur. Kota Malang menawarkan berbagai pilihan destinasi untuk dinikmati wisatawan. Mulai dari kota yang adem dengan berbagai gedung kolonial, museum, warisan kuliner sampai pesisir pantainya.

Kuliner bakso Malangnya tidak bisa dilewatkan dan pilih gerai mana yang cocok dengan selera. Keripik apel dan aneka buah lainnya tidak pernah bosan dijadikan oleh-oleh. Nongkrong bareng bersama warga di sejumlah tamannya juga asyik lho!

Malang juga tidak bisa dilepaskan dari Kota Batu yang bertetangga. Aneka taman rekreasi keren seperti Jatim Park 2 menyediakan wisata all in mulai dari kebun binatang Batu Secret Zoo sampai Museum Satwa. Belum lagi taman rekreasi lain macam Batu Night Spectacular.

Soal SIMAK UI 2017

Previous article

Film Home Alone Di Remake! Inilah Beberapa Perbedaannya Antara Home Alone 1990 & 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travelling