0

Antioksidan memiliki manfaat bagi butuh manusia untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Agar kamu memperoleh maanfaat itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan agar manfaatnya.

Perlu diketahui bahwa radikal bebas merupakan zat yang berbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, zat ini juga bisa berasal dari luar tubuh, misalnya dari polusi, asap rokok, pestisida, atau obat-obatan.

Radikal bebas bisa merusak susunan DNA sel, menyebabkan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan membuat daya tahan tubuh melemah. Jika kamu sering terpapar radikal bebas dapat meningkatkan resiko terjadinya penuaan dini. Yuk bahas manfaat antioksidan beserta macam buahnya:

Sumber Antioksidan Alami

Antioksidan secara alami bisa Anda peroleh dari buah, sayur, kacang-kacangan, dan tanaman herbal, seperti keladi tikus. Selain itu, daging tanpa lemak dan ikan juga mengandung antioksidan, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan rumput laut atau makanan laut selain ikan.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan sumber antioksidan:

Bayam

Bayam mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi, serta berkalori rendah. Sayur ini merupakan salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik, yang berfungsi untuk melindungi mata dari radikal bebas. Sayuran lain seperti brokoli, juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

Mangga

Buah bewarna kuning ini banyak mengandung antioksidan polifenol, beta karoten, serat, dan vitamin C. Kandungan nutrisi yang ada pada mangga tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan baik untuk pencernaan. Selain mangga, buah-buahan lain seperti buah aprikot dan buah sirsak juga memiliki kandungan nutrisi serupa dengan antioksidan yang juga tak kalah banyak.

Stroberi

Stroberi yang memiliki warna merah cerah mengandung antosianin yang tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan antosianin ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, dengan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Teh dan kopi

Sahabat senja pasti senang banget sih lihat kopi ada didaftar sumber antioksidan. Tidak hanya nikmat dikonsumsi, teh dan kopi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kedua minuman ini mengandung flavonoid dan polifenol yang bisa membantu melawan kanker serta mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri. Kafein yang terdapat pada minuman ini juga dapat membantu mencegah kepikunan. Selain teh dan kopi, antioksidan juga dapat ditemukan pada madu. Namun, madu tidak boleh diberikan pada bayi (anak di bawah 1 tahun). Pemberian madu pada anak sebaiknya diberikan pada anak berusia di atas 2 tahun.

Antioksidan Dalam Bentuk Suplemen

Antioksidan buatan tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Suplemen ini bekerja seperti antioksidan alami yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menangkal penyakit. Kendati baik untuk kesehatan, mengonsumsi suplemen antioksidan dengan dosis yang tinggi juga bisa berisiko bagi kesehatan. Berikut adalah penjelasannya:

  • Terlalu banyak mengonsumsi suplemen yang mengandung beta karoten diduga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru bagi para perokok,
  • Vitamin E yang dikonsumsi dengan dosis tinggi bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat dan stroke.
  • Suplemen antioksidan yang mengandung vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi berlebihan.

Itulah manfaat dari antioksidan dan buah yang menjadi sumber antioksidan, Namun jika Anda ingin menggunakan suplemen antioksidan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. (Referensi: Alodokter)

4 Film Tentang Patah Hati, Salah Summer Pokoknya

Previous article

5 Aplikasi VPN Android Terbaik 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Health