Kumpulan Artikel Terbaru Terkini dan Terpopuler

Membahas Seputar Startup Hingga Pendanaan

Membahas Seputar Startup Hingga Pendanaan

Startup atau dalam bahasa Indonesianya adalah Perusahaan Rintisan adalah perusahaan yang dirintis dari skala kecil (dengan karyawan dibawah 1.000 orang) dimana biasanya didirikan oleh seseorang (Single Founder) atau beberapa orang (Co-Founder). Sementara itu, Startup Digital sendiri adalah perusahaan kecil berbasis teknologi yang saat ini sudah mulai banyak berkembang dan bahkan beberapa diantaranya telah menjadi perusahaan besar seperti, Google, Facebook, ataupun Twitter.

Apa bedanya startup dengan UKM biasanya?

Startup terkenal dengan skalabilitas yang tinggi, maksudnya adalah perusahaan startup biasanya memiliki pertumbuhan yang pesat dan produknya dapat diproduksi dalam bentuk massal dengan waktu yang singkat. Selain itu startup juga memiliki proses pengembangan produk yang mungkin hampir bersamaan dengan proses produksinya.

Berbeda halnya dengan UKM yang cenderung memiliki skalabilitas menengah kebawah. UKM sendiri tentunya tidak bisa memproduksi produknya secara masal dengan waktu yang singkat (Mungkin hal ini berlaku untuk perusahaan besar, namun tidak untuk UKM) dan juga proses pengembangan produk dari UKM terbilang tidak mungkin bisa dilakukan bersamaan dengan produksinya jika tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup.

Bagaimana Startup Digital bisa berkembang?

Ada 2 jenis startup digital, tipe Bootstrap dan tipe Well-Funded.

Startup bertipe bootstrap adalah startup yang secara “pure” mengandalkan pendapatan dari produknya sendiri. Untuk mendirikan startup dengan cara Bootstrap sangatlah sulit diawal, namun ketika sudah memiliki pendapatan dan pelanggan setia, startup ini akan mudah berkembang dengan cepat. Jika sudah memiliki bisnis model dan pendapatan yang tetap, startup bootstrap akan bisa menarik perhatian investor untuk menanamkan dananya di startup tersebut untuk dapat berkembang dengan besar.

Tipe kedua adalah startup Well-Funded. Startup tipe ini sejak awal didirikannya telah mendapatkan modal dari investor (Seed Investment). Tidak jarang startup tipe ini akan meraih sorotan media yang akan membuatnya terkenal secara instan. Jika mampu berkembang dengan baik, startup ini dapat menjadi perusahaan besar.

Berbeda dengan startup bootstrap, startup yang well-funded biasanya tidak mementingkan pendapatan mereka, karena dari awal berdiri telah mendapatkan pendanaan yang cukup untuk biaya operasional perusahaan. Sayangnya, jika dana mereka telah habis startup tipe ini akan berusaha mencari pendanaan lebih banyak dari investor lain untuk biaya operasionalnya. Pada ujungnya, ketika mereka tidak mendapatkan dana tersebut mereka akan gulung tikar karena kehabisan dana.

Apa saja tipe investasi yang bisa diperoleh oleh Startup?

Ada 4 Stage investasi yang biasanya dilalui/didapatkan oleh sebuah startup:

  1. Early/Seed Fund : Tahap ini adalah tahap awal dari startup, pendanaan yang biasa diberikan yaitu sekitar $5.000 sampai $500.000
  2. Series A : Funding untuk tahap ini diberikan oleh Angel Investor atau Venture Capital dengan pendanaan sekitar $1.000.000 – $20.000.000
  3. Series B : Funding tahap ini kebanyakan diberikan oleh Venture Capital dengan pendanaan sekitar $20.000.000 – $100.000.000
  4. Series C : Funding tahap ini diberikan oleh gabungan Venture Capitalis dengan pendanaan sekitar $100.000.000 – $350.000.000
  5. IPO (Initial Public Offering) : Ini merupakan tahap final dari sebuah startup dimana startup menjual saham mereka secara publik di Bursa Efek

Apa saja jenis Startup Digital?

Seperti yang dijelaskan diatas, Startup merupakan perusahaan rintisan, jadi dapat berbasiskan apa saja. Tapi untuk jenis Startup Digital sendiri biasanya terdiri dari Software, Hardware dan Internet.

Startup Digital yang berbasiskan software biasanya memproduksi piranti lunak sebagai produk utamanya. Contohnya adalah MongoDB, Github, Elastic Searchdan Atlassian. Untuk contoh startup yang berbasiskan hardware adalah Ouya, Leap Motion, dan Maker Bot. Sementara itu Startup yang berbasiskan internet sangat mudah ditemukan, contohnya seperti Path, Twitter, dan Foursquare. (Referensi kaskus)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top