0

Pada zaman milenial kita sudah diperkenalkan sebuah media informasi yang bernama website. Website bisa menjadi salah satu media yang akan bisa mendominasi penyampaian informasi secara digital, dari website yang memiliki banyak kelebihan dan bisa menjadi salah satu alat branding sebuah merek media.

Namun bagaimana jika website dipergunakan perseorangan. Apakah bisa menjadi alat branding bagi orang tersebut ? Tentu, karena pada dasarnya website dapat memberikan interprestasi yang melambangkan orang tersebut. Seperti halnya jika kita ingin menjadi penulis dan hasil karya kita bisa dibaca oleh banyak orang. Terkadang kita hanya berpikir kita harus menerbitkan buku jika karya kita mau dibaca banyak orang tetapi masih banyak cara yang lebih baik yaitu membuat blog pribadi.

Ada banyak pilihan platform yang nantinya dapat kita gunakan sebagai media menulis kita. Platform seperti Blogger dan WordPress bisa menjadi pilihan, karena 2 platform tersebut yang memang menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan dalam mengelolanya. Seperti saya yang menggunakan layanan dari WordPress.

Kemudian memiliki website juga bisa memberikan label profesional, karena kita bisa menaruh semua hasil karya digital dan dimuat di blog pribadi kita. Karya digital yang kita muat akan dapat dilihat semua orang dan tentu akan menjadi nilai tambah bagi brand yang akan memakai jasa kita dalam membuat banner, ulasan produk maupun melakukan kerjasama.

Jika ada suatu brand bertanya tentang portofolio, maka kita dapat memberikan blog pribadi yang sudah memuat karya kita. Brand akan lebih mudah untuk melihat hasil karyamu dan jika branding yang sudah dibangun sesuai dengan nilai dari brand tadi sudah otomatis mereka akan memakai jasamu.

Memiliki tampilan website yang mobile friendly dan eye catching sudah menjadi keharusan karena mesin pencarian milik Google akan lebih memprioritaskan mereka yang memperhatikan tampilan website untuk mobile dan struktur website yang baik. Seperti apa tampilan website yang bagus dan strukrur ? Tampilan website yang bagus memiliki navigasi, konten dan sidebar rapi, desain yang responsive.

  • Navigasi Jelas

Navigasi menjadi faktor penting, karena informasi bagi pengunjung seperti label, halaman bantuan, fitur lainnya harus diletakkan pada navigasi. Letak dari navigasi berada pada atas website yang tersusun secara horizontal.

  • Konten dan Sidebar

Adanya pembagian konten dan sidebar yang sesuai. Ada beberapa website yang mempunyai sidebar disebelah kanan, sidebar disebelah kiri maupun mempunyai sidebar disebelah kanan dan kiri. Menurut saya memiliki sidebar disebelah kanan dan kiri membuat ruang konten akan semakin kecil. Secara umum sidebar baiknya berada disebelah kanan.

  • Desain Responsive

Memiliki tampilan website yang responsive dapat memanjakan mata pengunjung untuk sedang melihat website kita. Tampilan yang responsive membuat website kita akan beradaptasi dengan ukuran layar handphone pengunjung kita. Memiliki tampilan yang responsive juga membuat website kita dapat nilai baik dari Google, tentu akan berdampak ke SERP (Search Engine Results Pages) yang akan terus meningkat waktu ke waktu.

3 faktor diatas bisa menjadi referensi ketika akan membuat blog pribadi agar pengunjung betah dan sering berkunjung secara berkala. Merawat website juga diperlukan untuk meningkatkan nilai website kita, seperti rutin melakukan update plug-in (Jika menggunakan platform WordPress), melakukan SEO onpage maupun offpage, mempunyai konten yang berkualitas akan membuat website mendapatkan backlink bagus kemudian mengelola email berlangganan untuk menjaga hubungan baik dengan pengunjung anda. Sekian tips dari kita untuk anda yang akan membuat website.

Konsep Dasar Sosiologi dan Hubungan Sosial

Previous article

Axelerate the series: Kostan AX/3

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lounge