0

Tak ada yang menyangkal, Petr Cech termasuk salah satu kiper terbaik di masanya. Catatan rekor 202 cleansheet sepanjang karier profesional di Liga Inggris saat membela Chelsea dan Arsenal, menjadikan dirinya pemegang rekor cleansheet terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris. Rekor ini membawahi catatan David James sebanyak 169 cleansheets dan 151 cleansheets milik Mark Scharzer.

Musim ini bisa dikatakan musim penurunan performa dari sang legenda. Walaupun mungkin mental juara masih sangat membara. Namun memang usia tak bisa membohongi fisiknya. Dengan umur 36 tahun memang bukanlah usia ideal untuk bisa mempertahankan performa terbaiknya. Sehingga akhir musim ini, diirnya menyatakan pensiun dari karier sebagai pemain sepak bola. Namun begitu, tentu sayang kalau kita lewatkan beberapa catatan dan momen terbaik yang pernah diraih oleh sang legenda, Petr Cech.

  • Debut Bersama Chelsea dengan Rekor Cleansheet Satu Musim Liga Inggris

Cech didatangkan oleh Chelsea di tahun 2004 bersamaan dengan Arjen Roben dan Mateja Kezman. Di musim pertamanya, dia berhasil merebut titel Liga Inggris dengan memecahkan rekor 24 clean sheets dan hanya kebobolan 15 gol sepanjang musim. Dengan prestasi tersebut, dia diberikan Golden Glove Liga Inggris pada musim itu.

  • Pahlawan Chelsea pada Final Piala FA 2010

Musim 2009/2010 adalah musim dimana Carlo Anceloti yang menukangi Chelsea. Piala FA dipersembahkan oleh dirinya. Aktor utama dari momen ini adalah keperkasaan Petr Cech menghalau tendangan penalti yang dilakukan Kevin Prince Boateng (Portsmouth). Sehingga lawan tidak jadi memasukkan gol ke gawang Chelsea. Drogba kemudian menorehkan dirinya sebagai pahlawan lainnya, dengan memasukkan gol ke gawang Porthsmouth pada menit 58, yang menjadikan Chelsea memenangi gelar Piala FA di tahun 2010.

  • Tepis Dua Tendangan Penalti Muenchen, dan Raih Tropi Liga Champions 2012

Pada final Liga Champions 2012 tentu selain aksi heroik Drogba, kita juga tidak akan melupakan momen heroik Petr Cech. Cech mampu menepis tendangan Arjen Robben pada babak tambahan. Kemudian penyelamatan gemilang juga ia lanjutkan saat babak adu penalti dengan menepis tendangan Bastian Schweinsteiger dan Ivica Olic. Sehingga Drogba lebih ringan bebannya dengan melesakkan tendangan penalti terakhir yang menjadikan Chelsea sebagai pememang tropi Liga Champions musim itu.

  • Catatan Rekor Terbanyak Sejarah Timnas Ceko

Petr Cech memegang rekor penampilan terbanyak bagi timnas Republik Ceko. Sehingga orang tak segan memandangnya sebagai salah satu legenda terbesar sepak bola Ceko. Ia memegang 124 penampilan bersama timnas Ceko di berbagai keikutsertaan turnamen antar negara baik Eropa maupun Dunia.

  • Meriah Empat Golden Gloves Sepanjang Karier di Premier League

Catatan empat kali meraih Golden Gloves ia dapatkan tiga kali saat berseragam Chelsea dan satu kali saat membela Arsenal. Hal ini menjadikan dia sebagai satu-satunya kiper yang mendapatkan penghargaan Golden Gloves di dua klub yang berbeda. (Referensi: kaskus)

Soal UN (Ujian Nasional) Fisika SMA 2018 Beserta Pembahasan

Previous article

Sejarah Bola Basket Lengkap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga