0
Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara maju. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi) tanpa mengembangkan industri yang beragam, dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status ‘negara maju’.
Pengamat dan teoretis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin pada masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau pada masa sekarang, melalui proses globalisasi.
Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang pada pemanfaatan teknologi dan kepemilikan modal membuat masyarakat di negara maju mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal, menemukan sumber daya alam baru, ataupun memanfaatkan sumber daya alam yang telah ada sebagai energi alternative,Misalnya pemanfaatan tenaga angin, air, atau energi matahari untuk menggantikan fungsi dari energi minyak bumi.
Negara Maju
Pada umumnya Negara-Negara Maju memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan sebagian besar pendapatan perkapita penduduknya sangat tinggi. Di amerika serikat misalnya,pendapatan perkapita penduduknya 41.950 US$, karena sebagian bresar penduduknya bekerja di sector industri perdagangan dan jasa dan menjadi panutan bagi Negara-Negara lain yang masih berkembang.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting demi kemajuan sebuah Negara, agar sumber daya alam yang ada bisa di kelola oleh tenaga-tenaga ahli yang handal ,terdidik dan pada umumnya penduduk di Negara maju tingkat pendidikannya tinggi, dan perkembangan IPTEK nya sangat pesat sehingga mampu mengelola sumber daya alam yang ada.
Negara maju memiliki kualitas penduduk yang sangat tinggi, namun pertumbuhan penduduknya sangat rendah yang di sebabkan rendahnya angka kelahiran dan berakibat pada sulitnya mencari tenaga kerja. Kwalitas penduduk dapat menentukan maju dan mundurnya sebuah Negara dan kwalitas penduduknya dapat di ukur dengan melihat: 1) Tingkat pendidikan. 2) Tingkat kesehatan. 3) Tingkat kesejahtraan penduduknya
Negara maju memiliki wilayah yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alamnya, seperti tersedianya bahan tambang sebagai bahan baku industri, serta mampu memanfaatkan sumber energi alternatif secara baik dan tepat guna, seperti pembangkit listrik tenaga angin, dan matahari dan mampu memanfaatkan sebagian kekayaan alam yang tersedia.
Negara Berkembang
Negara berkembang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat lemah dan masih sangat bergantung pada Negara-negara maju untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya. Sebagian besar penduduk Negara berkembang masih mengandalkan mata pencahariannya dari bertani dan belum mampu mengelola sumber daya alam yang tersedia secara maksimal dan pendapatan atau kesejahttraan penduduknya sangat rendah (rendahnya pendapatan perkapita penduduk), contohnya di Negara Indonesia memiliki pendaptan perkapita sebesar 3.720 US $.
Maju dan mundurnya suatu Negara tergantung pada tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan di Negara tersebut dan Negara berkembang masih sangat tertinggal tingkat pendidiknnya di bandingkan dengan Negara maju.kita masih melihat tingkat angka buta huruf di Negara berkembang yang masih sangat tinggi.
Kualitas penduduk Negara berkembang masih sangat memprihatinkan di lihat dari segi pendapatan perkapitanya yang tidak menentu atau rendah dan tingkat kesehatan masyarakatnya masih rendah sehingga angka kelahiran dan kematian penduduk sangat tinggi karena masih kurangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersedia oleh Negara.
Negara berkembnag dari segi lingkungan fisik tidak kalah bersaing dengan Negara maju, Negara berkembang memiliki wilayah yang sangat luas dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah namun, minimnya sumber daya manusia sehingga Negara berkembang tidak mampu mengelola kekayaan alam yang dimilikinya, dan memilih bekerja sama dengan Negara maju untuk mengelola sumber daya alam tersebut dan membagi keuntungan yang di perolehnya.

Keuntungan bekerjasama Negara Berkembang dan Negara Maju

  • Negara berkembang memperoleh modal usaha.
  • Industri yang di ciptakan Negara maju menjadi sumber lapangan kerja bagi penduduk Negara berkembang.
  • Aliran modal dari Negara maju dapat meningkatkan pendapatan Negara berkembang.
  • Kegiatan industri yang di lakukan Negara maju dapat mempercepat alih teknologi di Negara berkembang.

Persebaran Negara Berkembang dan Negara Maju

  • Negara maju memiliki persebaran yang paling dominan terletak di belahan dunia bagian utara yang hampir semua Negara-negara di Eropa merupakan Negara maju, sedangkan Negara maju yang ada di Asia hanya terdapat di beberapa Negara seperti Singapura, Jepang dan Korea Selatan.
  • Negara Berkembang memiliki persebaran yang sangat banyak terutama di Negara-negara benua Asia, Afrika dan Amerika Latin yang tingkat sumber daya manusia nya rata-rata masih sangat rendah kendati sumber daya alam tinggi. Seperti Indonesia, Malaysia, Timor Leste

Konsep wilayah dan Perencanaan Pembangunan

Previous article

Pola Persebaran dan Interaksi Spasial antara Desa dan Kota

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Geografi