0

Jaringan adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan komunikasi antara dua manusia atau mesin. Pengertian lain dari jaringan adalah sebuah sistem yang saling berhubungan dengan sistem lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan.

Telekomunikasi terdiri dari dua kata, yaitu ‘tele’ dan ‘komunikasi’. ‘Tele’ berarti jauh dan ‘komunikasi’ berarti berhubungan atau saling tukar informasi antar dua pihak. Jadi, telekomunikasi bisa diartikan pertukaran informasi antara dua pihak, yaitu pihak pengirim dan pihak penerima, dimana terdapat jarak di antara keduanya. Media telekomunikasi yang paling sederhana yang bisa ditemukan di sekitar kita adalah telepon yang menggunakan media bekas kaleng susu yang dihubungkan dengan seutas benang senar. Pertukaran infomasi melalui jaringan berbasis komputer bisa dalam bentuk apapun, seperti suara, data, gambar, teks, audio dan video.

Tren dalam Telekomunikasi

Di dalam telekomunikasi terdapat beberapa tren. Tren – tren utama yang bermunculan dalam bidang komunikasi telah berdampak signifikan dalam manajemen keputusan perusahaan.

  1. Tren Industri : Ke arah pemasok, pembawa, aliansi dari jasa jaringan yang lebih kompetitif, dipercepat oleh deregulasi dan pertumbuhan internet dan World Wide Wb.
  1. Tren Teknologi : Ke arah penggunaan yang lebih intensif dari internet, serat optik digital dan teknologi nirkabel untuk menciptakan kerja internet local dan global yang berkecepatan tinggi untuk suara, data, gambar, audio dan video.
  1. Tren Aplikasi Bisnis : Ke arah penyebaran penggunaan internet, intranet perusahaan dan ekstranet antarperusahaan untuk mendukung perdagangan dan bisnis secara elektronik, kerjasama perusahaan dan keuntungan strategis di pasar lokal dan global.

Nilai Bisnis dari Jaringan Telekomunikasi

Penggunaan internet, intranet, ekstranet dan jaringan telekomunikasi lainnya dapat mengurangi biaya, mempersingkat waktu pemrosesan bisnis, mendukung e-commerce, memperbaiki kerjasama kelompok kerja, mengembangkan proses operasional online, berbagi sumberdaya, mengunci pelanggan dan pemasok, serta mengembangkan jasa dan produk baru. Hal ini membuat aplikasi telekomunikasi lebih strategis dan vital bagi bisnis yang harus terus mencari cara baru untuk bersaing baik di pasar domestik maupun di pasar global.

Kemampuan Strategis

Contoh e-business

Nilai Bisnis

Mengatasi halangan geografis: 

Menangkap informasi mengenai transaksi bisnis dari lokasi yang jauh

Menggunakan internet dan ekstranet untuk mengirim pesanan pelanggan dari tenaga penjual yang melakukan perjalanan ke pusat data perusahaan untuk pemrosesan pesanan dan pengendalian persediaan Menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dengan mengurangi penundaan dalam pemenuhan pesanan dan memperbaiki arus kas dengan mempercepat penagihan ke pelanggan
Mengatasi halangan waktu: 

Menyediakan informasi ke lokasi yang jauh segera setelah diminta

Otorisasi kredit pada saat penjualan dengan menggunakan jaringan POS online Permintaan kredit dapat dilakukan dan dijawab dalam beberapa detik
Mengatasi halangan biaya:

Mengurangi biaya dari sarana komunikasi yang lebih tradisional

Konferensi video desktop antara perusahaan dengan mitra bisnisnya dengan menggunakan internet, intranet dan ekstranet Mengurangi perjalanan bisnis yang mahal; memungkinkan pelanggan, pemasok dan karyawan untuk bekerjasama, sehingga memperbaiki kualitas keputusan yang dicapai
Mengatasi halangan struktural: 

Mendukung keunggulan kompetitif

Situs Web e-commerce bisnis-ke-bisnis untuk transaksi dengan pemasok dan pelanggan dengan menggunakan internet dan ekstranet Layanan yang cepat dan nyaman dapat mengunci pelanggan dan pemasok

 

Revolusi Internet

Internet tidak memliki sistem komputer pusat atau pusat telekomunikasi. Setiap pesan yang dikirim memiliki kode alamat yang unik sehingga setiap server internet dapat mengirimnya ke tujuan.

Penggunaan popular internet meliputi:

  1. Berselancar : Arahkan dan klik ribuan sumberdaya dan situs Web yang saling berhubungan untuk mendapat informasi multimedia, hiburan dan e-commerce.
  1. E-mail : Gunakan e-mail dan pesan instan untuk saling menukar pesan elektronik dengan rekan, teman dan pemakai internet lainnya.
  1. Berdiskusi : Berpartisipasi dalam forum diskusi newsgroup minat khusus atau adakan percakapan tesk secara langsung di ruang chat situs.
  1. Publikasi : Kirimkan pendapat, opik, atau karya kreatif Anda ke situs Web atau Webblog untuk dibaca oleh orang lain.
  1. Beli dan Jual : Anda dapat membeli dan menjual apa saja melalui peritel e-commerce, penjual utama, penyedia jasa dan lelang online.
  1. Download : Transfer file data, software, laporan, artikel, gambar, musik, video dan jenis file lainnya ke sistem komputer Anda.
  1. Komputasi : Masuk ke dan gunakan ribuan sistem komputer internet di seluruh dunia.
  1. Penggunaan lainnya : Melakukan telepon jarak jauh, mengadakan konferensi video menggunakan desktop, mendengarkan program radio, menonton televisi, bermain video game, mengeksplorasi dunia virtual dan lain-lain.

Kegunaan bisnis dari internet

  • Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online
  • Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan
  • Menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran Web, serta penjualan online
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan saat ini melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan Web
  • Mengembangkan pasar baru berbasis Web dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini
  • Mengembangkan produk baru berbasis informasi yang dapat diakses di Web

Implementasi ERP(Enterprise Resources Planning), CRM (Customer Relationship Management) dan SCM (Supply Chain Management) Pada Perusahaan PT. Garuda Indonesia tbk

Previous article

Persaingan di Tingkat Makro dan Analisis Kekuatan Kompetitif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.