0

Pada bulan mei kita menerima informasi bahwa adanya pembatasan penggunaan sosial media yang dilakukan oleh kemkominfo guna mencegah persebaran pemberitaan hoax yang tinggi-tingginya. Dengan informasi tersebut masyarakat banyak yang menginstall aplikasi VPN (Virtual Private Network) pada smartphonenya agar bisa kembali menggunakan sosial media, tetapi perlu diketahui bagaimana VPN (Virtual Private Network) bekerja hingga apa dampak yang ditimbulkan.

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan Anda akses ke website secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

VPN (Virtual Private Network) dibuat dengan tujuan mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Tujuannya? Tentu untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Bagaimana cara kerja VPN?

VPN memiliki cara kerja yaitu dengan melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik di warung internet membacanya. Ketika sudah terhubung dengan internet memakai koneksi dari VPN tersebut maka seakan-akan kita mengakses internet dengan lorong khusus dan tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses. Jadi koneksi yang Anda lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Jadi ketika menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Amankah menggunakan VPN?
VPN dapat membuat koneksi Anda sangat aman, tetapi itu juga tergantung dengan protokol (jalan) yang Anda gunakan untuk melakukan koneksi. Keamanan menggunakan VPN masih terhalang dua faktor utama, yaitu:
  • Batasan Teknologi
Limitasi teknologi yang digunakan untuk mengembangan VPN, seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.
  • Batasan Hukum
Batasan hukum dan kebijakan memengaruhi apa yang dapat dilakukan dengan teknologi itu. Begitu pula dengan undang-undang negara tempat server dan perusahaan menyediakan VPN berada. Terkadang kebijakan perusahaan sendiri mempengaruhi cara perusahaan menerapkan teknologi ini dalam layanan mereka.
Jadi bisa dibilang tidak sepenuhnya menggunakan VPN itu aman. Namun, paling tidak menggunakan VPN akan lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi biasa.
Jadi, Kapan Harus Menggunakan VPN?
  • Membantu Anda mendapatkan koneksi yang lebih aman ketika menggunakan WiFi publik.
  • Mengenkripsi aktivitas Anda di situs web.
  • Menyembunyikan aktivitas Anda terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui secara diam-diam.
  • Menyembunyikan lokasi, dan mengizinkan Anda mengakses geo-blocked content ‘konten-konten yang diblok berdasarkan wilayah geografis’.
  • Memastikan Anda lebih anonim di dalam situs web. (Ref:Niagahoster)

Setelah membaca bagaimana VPN bekerja, apakah aman menggunakan VPN?

Soal SBMPTN 2018 Beserta Pembahasan Lengkap (Saintek)

Previous article

Detective Pikachu: Pika! Pika!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Teknologi