0

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Peralatan dan Perlengkapan Bola Voli

Hal pertama dan utama dalam permainan bola voli adalah mengenal peralatan dan perlengkapan yang mendukung jalannya permainan. Dalam hal ini, lapangan, bola, dan net merupakan sarana dan prasarana yang paling umum. Namun bukan itu saja yang harus diketahui, melainkan juga ukuran standar yang dianggap sah dari alat-alat tersebut.

  • Lapangan Permainan

Seperti halnya peraturan dalam olahraga lain yang membutuhkan lapangan, selalu ada ukuran lapangan yang dianggap standar dan paling sah, begitu juga lapangan bola voli.

  1. Ukuran pada lapangan bola voli standar dan paling sah adalah 9 x 18 meter.
  2. Ketebalan untuk garis tepi lapangan adalah 5 cm.
  3. Ukuran untuk garis batas serang bagi pemain belakang yakni 3 meter yang diukur dari garis tengah lapangan.
  4. Lebar standar lapangan adalah seluas 9 meter.
  5. Panjang garis samping pada lapangan berstandar luas 18 meter.
  6. Lebar garis serang standarnya adalah 3 meter.
  • Net

Dalam olahraga voli sama dengan peraturan permainan tenis lapangan karena memiliki net sebagai pembatas antar dua kubu atau tim yang berlawanan. Dan perlu diketahui bahwa net untuk permainan yang dimainkan putri serta putra berbeda.

  1. Ukuran standar tinggi net bagi pemain putri yaitu 2,24 meter.
  2. Ukuran standar tinggi net bagi pemain putra yaitu 2,43 meter.
  • Antena

Tak ketinggalan ada pula antena yang bisa kita jumpai di tiap ujung atas tiang. Pemasangan sebuah antena di area tersebut memiliki tujuan utama sebagai pembatas gerakan bola yang kiranya bisa ke arah samping atau melebar.

  • Bola Voli

Apabila bola basket pun ada ukuran tertentu yang dianggap sebagai standar dan resmi, maka bola voli pun demikian juga halnya.

  1. Ukuran keliling lingkaran bola voli standarnya adalah 65-67 cm.
  2. Berat bola voli yang dianggap resmi dan standar adalah 260-280 gram.
  3. Tekanan bola voli yang merupakan standar adalah sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.
  4. Bola voli yang dianggap standar adalah bola voli yang terbuat dari bahan kulit asli atau buatan. Bola tersebut juga kemudian dipompa atau diisi dengan udara.

Sistem Pertandingan

Selain dari peraturan dalam hal sarana permainan bola voli, perlu juga mengenal satu per satu sistem pertandingannya. Peraturan sistem pertandingan juga merupakan hal mendasar yang setiap pemain harus ketahui, terutama bila ingin menjadi seorang pemain bola voli profesional yang handal.

  1. Seorang wasit merupakan pemimpin jalannya pertandingan, sama halnya pada permainan bola basket dan juga sepak bola.
  2. Selain wasit, ada juga 4 orang lainnya yang merupakan penjaga garis serta seorang pencatat skor.
  3. Pada setiap pertandingan bola voli ada terdiri dari 8 tim utama di mana kemudian akan dijadikan 2 grup. Ada 4 tim pada setiap grup tersebut.
  4. Ada 10 pemain dalam setiap 1 tim bola voli.
  5. Meski demikian, hanya ada 6 orang yang dianggap sebagai pemain utama, yakni yang berpartisipasi bermain di lapangan. Sedangkan 4 orang lainnya merupakan pemain cadangan.
  6. Tidak ada batasan tentang pergantian pemain inti serta cadangan ketika pertandingan tengah berlangsung.
  7. Minimal jumlah orang yang bermain untuk pertandingan bola voli adalah 4 orang.
  8. Akan ada penundaan permainan atau pertandingan bola voli apabila salah satu atau lebih dari 1 anggota dari tim yang sama juga tengah aktif bermain untuk cabang olahraga lain.
  9. Apabila diketahui dalam satu tim tak sampai 4 orang pemain, otomatis pihak panitia yang menyelenggarakan pertandingan akan menganggap kalah tim tersebut.
  10. Tiap tim masing-masing diberikan hak untuk bermain bola paling banyak 3 kali.
  11. Seorang pemain dilarang untuk memainkan bola di atas 1 kali secara berturut-turut.
  12. Permainan bola voli pada pertandingan selalu diawali dengan sistem coin toss di mana wasit melemparkan ke udara koin 2 segi dan kemudian menangkapnya dengan menutupnya menggunakan tangan yang lain.
  13. Perwakilan dari kedua tim harus menebak gambar sisi koin yang di atas atau yang sedang ditutup oleh wasit. Untuk perwakilan tim yang menjawab dengan benar akan secara otomatis mempunyai hak untuk menjadi server atau yang melakukan servis untuk awal permainan.
  14. Dalam melakukan servis, satu orang pemain yang memang berperan sebagai server harus segera bersiap menuju luar garis pinggir belakang lapangan.
  15. Pemain harus melemparkan bola ke udara, baru kemudian lanjut memukulnya hingga bola melambung dan jatuh menyeberangi net alias di ruang lawan. Ketika keluar garis, bola akan wasit nyatakan keluar atau dengan istilah out dan pihak tim lawan diberi satu poin tambahan.
  16. Ketika bola sudah sampai ke ruang lawan, pihak lawan akan menerima atau bisa juga menahan bola tersebut dengan passing.
  17. Passing merupakan teknik menahan bola memakai 2 lengan yang disatukan ke arah depan dan pada keadaan yang mendesak, proses penerimaan bola dapat dilakukan dengan menggunakan anggota tubuh manapun asalkan tidak ditendang seperti memainkan sepak bola.
  18. Tidak perlu melanjutkan pertandingan jika salah satu tim telah memenangkan pertandingan 2 set secara langsung.
  19. Pertandingan dinyatakan perlu dilanjutkan apabila kedua tim memenangkan 1 set masing-masing dan dalam kelanjutan pertandingan akan ditambahkan 1 set laga tambahan.
  20. 25 rally point adalah sistem perhitungan dari setiap pertandingan bola voli. Apabila kedua tim mendapatkan misalnya poin seri atau 24-24, akan diadakan pertandingan dengan tambahan 2 poin dan salah satu tim yang unggul pertama kali menciptakan selisih 2 poin itulah yang dianggap menjadi pemenangnya.
  21. Nilai 1 akan didapatkan pada kemenangan dalam pertandingan penyisihan. Ketika ada 2 tim atau lebih dengan nilai sama, penentuan pemenang atau juara grup serta runner-up bakal diadakan dengan melihat dari kualitas angka di setiap tim yang masing-masing tim mainkan.
  22. Pada tiap babak time-out, hanya 1 kali saja dan durasi hanya semenit.
  23. Tiap tim wajib bertukar sisi lapangan pada waktu babak telah berakhir, seperti halnya pada pertandingan sepak bola.
  24. Apabila ada babak penentuan diadakan atau set-3, otomatis tim yang mendapatkan nilai paling rendah bisa meminta tukar lapangan jika angka 13 sudah dicapai oleh tim lawan.

Sistem Penghitungan Angka

Pada permainan bola voli, ada pula sistem penghitungan angka yang juga perlu diketahui setiap pemain. Berikut ini adalah sistem perolehan angka pada waktu pertandingan.

  1. Pihak tim lawan akan mendapatkan nilai ketika mereka dapat memasukkan bola ke wilayah kita karena otomatis kita akan kehilangan bola.
  2. Pihak tim lawan akan memperoleh skor apabila serve yang dilakukan oleh tim kita tak melalui net dan tidak masuk ke area mereka.

Pemain dan Sistem Permainan

Permainan bola voli intinya adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim di mana masing-masing tim memiliki 6 orang pemain utama dalam pertandingan. Kedua tim inilah yang akan berkompetisi untuk bisa mencapai angka 25 lebih dulu barulah bisa dinyatakan sebagai pemenang. Berikut adalah peraturan cara permainan dari olahraga bola voli yang juga penting untuk Anda simak:

  1. Pada sebuah tim bola voli, selalu ada 4 peran utama, yakni meliputi spiker (smash), tosser atau setter, defender atau pemain yang khusus untuk bertahan, dan libero.
  2. Tosser pada sebuah tim merupakan pengumpan atau orang yang wajib mengumpankan bola ke rekan-rekannya dan menjadi pengatur jalannya permainan.
  3. Spiker pada sebuah tim memiliki fungsi atau peran utama sebagai pemukul bola agar jatuh di area pertahanan lawan.
  4. Libero pada sebuah tim memiliki peran utama sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari pemain dengan posisi ini adalah ia bisa dengan bebas keluar dan masuk, tapi tak memiliki hak untuk melakukan smash bola ke arah tim lawan.
  5. Defender pada sebuah tim mempunyai peran utama sebagai pemain bertahan juga, tapi lebih kepada penerima serangan dari tim lawan.
  6. Pemain tosser perlu memiliki kekuatan insting yang baik dan bahkan sempurna dan hal ini menjadi tuntutan dalam permainan bola voli.
  7. Seorang tosser sangat diwajibkan untuk bisa menjadi pengatur jalannya permainan di saat pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  8. Seorang tosser harus bisa mengambil atau membuat keputusan tentang apa yang ia harus lakukan dengan bola yang ia pegang dan keputusan tersebut harus ditentukan secepat mungkin. Semuanya itu hanya diberi waktu sepersekian detik sehingga seorang tosser perlu gerak cepat ketika sebelumnya bola jatuh di lapangan pada waktu pertandingan.
  9. Angka 25 adalah angka yang perlu dicapai oleh salah satu tim pada setiap babak untuk bisa menang.

Pelanggaran

Pelanggaran dalam bola basket, sepak bola, tenis atau olahraga lainnya masih termasuk di dalam peraturan. Peraturan dalam permainan bola voli juga meliputi pelanggaran. Ada hal-hal tertentu yang dianggap sebagai kesalahan atau pelanggaran selama permainan berlangsung. Agar dapat menghindarinya dan pemain bisa tetap bermain dengan baik, berikut adalah aturan permainan berupa kesalahan atau konsekuensi untuk pelanggaran yang penting untuk disimak juga.

  1. Pemain melakukan kontak dengan net (menyentuh net secara sengaja atau tidak sengaja).
  2. Pemain melewati garis pembatas yang ada di tengah lapangan lawan.
  3. Bola dilarang untuk dilempar ataupun ditangkap karena voli bukanlah basket.
  4. Pemain harus memantulkan bola voli tapi dengan tidak mengenai lantai dasar lapangan sehingga harus ekstra hati-hati.
  5. Sebelum bola akhirnya menyentuh permukaan lapangan, tidak akan dianggap out. Anggapan atau keputusan bola out apabila bola sampai keluar garis lapangan.
  6. Double foults adalah ketika pemain sempat mengenai net 2 kali ketika pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  7. Seluruh bagian tubuh sah-sah saja untuk digunakan untuk memantulkan bola, tapi tidak boleh dengan cara menendang bola secara keras-keras.
  8. Pemain tidak melakukan spike di bagian atas wilayah tim lawan.
  9. Ketika serve dilakukan, seluruh pemain harus ada di dalam lapangan di mana dua tim sudah harus ada di wilayahnya masing-masing dengan posisi yang benar. Artinya, 2 tim harus ada dalam 2 deret ke samping. Tiga deret di belakang dan ada tiga deret juga di depan.
  10. Jika servis bola bisa sampai melalui garis luar lapangan terhitung skor tambahan untuk tim lawan, sebaliknya apabila si penerima servis adalah lawan yang menyebabkan bola keluar maka akan terhitung atau dianggap sebagai skor tambahan untuk tim lawan.
  11. Pemain melakukan blocking menggunakan kedua tangan atau salah satunya sampai masuk ke area tim lawan.
  12. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain meninggalkan lapangan begitu saja tanpa ada izin dari wasit.
  13. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain melakukan protes berlebihan kepada wasit dan menyatakan tidak terima atas segala keputusan wasit.
  14. Dianggap pelanggaran apabila pemain berbicara kasar atau tak sopan kepada lawan kompetisinya maupun kepada wasit.
  15. Dianggap pelanggaran apabila bola belum sampai ke seberang atau ke area pihak tim lawan setelah pukulan ketiga. Sebagai konsekuensinya, bola akan berpindah tangan ke tim lawan sekaligus juga lawan jugalah yang memperoleh poin tambahan.
  16. Wasit selalu memberikan keputusan berdasarkan peraturan permainan bola voli.

Sistem Libero

Sistem libero juga ada dalam permainan bola voli; sistem ini ada pada permainan di mana pemain yang dalam posisi liberolah yang menjadi perwakilan untuk setiap bola pertama. Aturan sistem libero adalah sebagai berikut:

  1. Pemain dalam posisi libero dapat menjadi pengganti tiap pemain yang tengah ada di belakang.
  2. Pemain dalam posisi libero tak diperbolehkan untuk menyerang ketika bola melambung lebih tinggi jauh dari net.
  3. Pemain dalam posisi libero tak diperkenankan melakukan peran dalam usaha menahan serangan lawan atau blocking terhadap pemain lawan.
  4. Pemain dalam posisi libero boleh keluar dan masuk lapangan lewat garis samping yang ada di depan bangku cadangan antara garis akhir dan garis serang.
  5. Pemain dalam posisi libero bisa digantikan secara tak terbatas jumlah pergantiannya, tapi harus ada selingan 1 reli antara pergantian tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai peraturan permainan bola voli yang bisa diketahui dan juga sekaligus diingat-ingat oleh para pemain. Sebelum voli menjadi lebih populer, peraturan standar bahkan untuk ukuran sarana bola voli pun belum ada dan belum ditentukan. Namun dengan adanya peraturan-peraturan yang sedemikian rupa, menunjukkan bahwa memang permainan bola voli sudah sangat berkembang dan sarana pendukungnya pun turut ditetapkan secara detil.

Bukan hanya teknik yang mumpuni saja yang diperlukan ketika bermain atau bertanding bola voli. Pemain pun harus memiliki kedisiplinan yang tinggi di mana setiap peraturan pada permainan bola voli yang berlaku harus dipahami betul dan juga dipatuhi oleh setiap pemainnya. Agar permainan berjalan dengan lancar dan baik, mematuhi setiap aturan yang ada adalah sangat vital dan mampu menghindarkan pemain juga dari ancaman out.

Ancaman out artinya pemain bisa saja dikeluarkan atau didiskualifikasi dari pertandingan sehingga ia tak bisa bermain kembali. Bermain sesuai aturan tanpa emosi adalah yang terbaik bagi individu pemain dan juga timnya. (Referensi: olahragapedia.com)

Budaya Permainan Suksesnya Akademi Ajax Amsterdam Penghasil Bintang

Previous article

4 Film Pendek Yang Menginspirasi Untuk Menjalani Hidup Lebih Berwarna

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Sport