0

Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah daratan lebih kecil daripada lautan. Nah, namun ternyata kondisi lingkungan ini tidak serta merta membuat Indonesia terbebas dari masalah lingkungan.

Pembangunan yang tidak merata menjadi salah satu penyebab polusi menjadi masalah utama di kota-kota besar Indonesia. Padahal, idealnya sebuah kota memiliki ruang terbuka hijau untuk masyarakat dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini juga berguna untuk mengendalikan kenyamanan iklim.

Nah, itulah dia pentingnya taman kota. Taman kota adalah ruang terbuka hijau yang ada di skala perkotaan dan dapat berguna untuk dinikmati oleh seluruh penghuni sebuah kota. Berbicara tentang taman, tentunya menyenangkan jika kita mengetahui taman-taman kota seperti apa yang seharusnya ada di dalam sebuah kota.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam taman-taman kota terindah di dunia yang menanti untuk kamu sambangi. Ya, semoga suatu saat taman-taman kota di Indonesia juga dapat memiliki manfaat yang maksimal untuk dapat dinikmati masyarakat serta traveler ya.

  • Central Park, New York – Amerika Serikat

Central Park – Gambar oleh: friendsoftunisia.org

Central Park merupakan sebuah taman kota yang terletak di Manhattan, New York City. Keberadaannya yang terletak persis di tengah kota membuat taman ini merupakan taman kebanggaan masyarakat New York yang tentunya menanti untuk kamu sambangi.

Taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang setiap tahunnya. Dengan demikian, taman ini juga merupakan taman yang paling banyak dikunjungi traveler di Amerika Serikat.

Taman ini dirancang oleh seorang bapak Arsitektur Lanskap dunia, yaitu Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux. Walaupun terlihat alami, namun sepenuhnya taman ini merupakan hasil tangan manusia.

Fasilitas yang dapat kamu temui di taman ini adalah danau buatan dan kolam, jalan setapak, dua arena ice skating, kawasan perlindungan hewan liar, lapangan rumput serta arena bermain untuk anak-anak. Pada akhir pekan, biasanya kawasan taman ini cenderung lebih ramai karena banyak orang melakukan aktivitas bersepeda, berjalan kaki atau menggunakan sepatu roda.

Karena kenyamanan inilah, banyak penduduk dan juga traveler datang mengunjungi Central Park bahkan untuk sekedar bersantai atau melakukan kegiatan piknik. Ya, taman kota ini telah menjadi paru-paru kota New York yang sangat dibanggakan oleh masyarakatnya.

  • Park Guell, Barcelona

Park Guell, Gambar oleh: ticketbar.eu

Taman ini merupakan salah satu masterpiece karya Antoni Gaudi. Taman ini dibangun pada tahun 1900 hingga 1914 dan dibuka untuk umum sejak tahun 1926.

Park Guell merupakan refleksi dari karya naturalis Antoni Gaudi yang merefleksikan hasil karyanya melalui garis-garis natural yang organic. Gaudi juga mengkombinasikan batu organic dalam karyanya ini.

Park Guell sendiri terletak di atas bukit dan jika kamu berhasil mencapainya, kamu dapat menyaksikan pemandangan megah berupa pemandangan dari kota tersebut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada waktu pagi hari sebab ketika sudah memasuki siang, maka antrian untuk memasuki taman ini juga sudah menjadi semakin ramai. Ya, kamu memang harus mengeluarkan uang jika ingin mengunjungi taman ini namun tenang saja karena biaya yang kamu keluarkan akan sebanding dengan pemandangan yang kamu dapatkan.

  • High Line, New York City

High Line – Gambar oleh: newyorkbyrail.com

Ketika kamu mengunjungi High Line, kamu dapat merasakan keindahan dan perspektif lain ketika melihat New York City. High Line berdiri di atas lintasan yang dulunya merupakan rel kereta api dengan panjang sekitar 2,33 kilometer.

High Line ini terletak di Manhattan. Taman ini dibuat terinspirasi dari Promenade Plantee di Paris yang selesai dibangun pada tahun 1993. High Line kemudian diredesain dan dibangun sebagai taman hijau buatan yang indah sekalipun berdiri di atas rel kereta api.

Konstruksi pengubahan jalur kereta api menjadi taman urban dimulai sejak tahun 2006, dengan fase pertama pembukaan taman urban terjadi pada tahun 2009 dan fase kedua terjadi pada tahun 2011. Fase ketiga yang juga merupakan fase final pembukaan taman terjadi pada tanggal 21 September 2014.

Semenjak tahun 2014, taman public yang unik ini telah menjadi salah satu taman yang paling sering dikunjungi. Jumlah pengunjung yang datang mengunjungi taman ini mencapai sekitar 5 juta pengunjung setiap tahunnya.

  • Keukenhof, Lisse, Belanda

Keukenhof, Lisse, Belanda – Gambar oleh: yukwisata.id

Keukenhof adalah taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda. Taman bunga ini juga merupakan taman bunga terbesar di dunia. Menurut situs resmi Taman Keukenhof, setiap tahunnya sekitar 7 juta kuntum bunga ditanam di taman ini.

Taman ini dibangun pada tahun 1949 oleh calon walikota Lisse. Taman ini dibangun untuk membuat sebuah pameran bunga agar penanam bunga dari seluruh penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda menjadi eksportir bunga terbesar di dunia.

Jika kamu ingin mengunjungi Keukenhof, kamu dapat mengunjunginya selama setahun sekali. Ya, Keukenhof hanya dibuka pada waktu setahun sekali yaitu pada minggu terakhir bulan Maret hingga pertengahan bulan Mei.

Sementara itu, waktu terbaik untuk menyaksikan bunga yang mekar adalah pada waktu pertengahan bulan April. Ya, jika kamu ingin menyaksikan hamparan bunga yang indah maka kamu dapat mengunjungi Taman Keukenhof ini. (Referensi: jalan2)

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contoh

Previous article

Film Glass, Menyatukan 3 Karakter Utama dari 2 Film yang Berbeda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Featured