0

Impian semua siswa untuk bisa lolos SBMPTN, SBMPTN telah mendapatkan perhatian khusus bagi siswa untuk masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favoritnya. Ada yang harus disoroti pada SBMPTN bahwa kebijakan kuota penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN pada masing-masing PTN yaitu hanya 30% tentu sangat kecil. Dengan kouta yang kecil kamu masih memiliki kesempatan yang sama dengan yang lain dan sangat bisa untuk lolos SBMPTN, tetapi apakah kamu tau bagaimana tips dan triknya agar bisa lolos SBMPTN ? Mari kita bahas bersama

  1. Sesuaikan Minat dan Bakat
    Jurusan yang kamu pilih haruslah sesuai dengan minat dan bakatmu. Jangan hanya menilai dari prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah. Kamu tidak perlu takut oleh kesulitan yang ada dalam jurusan tersebut. Asalkan kamu mau dan berusaha, maka kesulitan tersebut akan mudah untuk dihadapi. Karena nantinya pada saat kuliah dibutuhkan kesesuai antara minat kamu dengan jurusan yang dipilih agar saat menjalani proses perkuliahan dapat maksimal.
  2. Manfaatkan Keuntungan di Balik Sistem Penilaian yang Baru
    Penilaian SBMPTN 2018 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tidak perlu khawatir jika mendapat poin minus saat salah mengerjakan soal. Aturan tersebut lebih menguntungkan. Sebab kamu lebih mampu untuk menjawab soal lebih banyak. Namun, hal tersebut dilihat dari tingkat kesulitan soal, dan tentu kamu harus mampu mengerjakan soal yang sulit untuk mendapat poin tinggi.
  3. Manfaatkan Bimbel atau Latihan-Latihan Soal
    Banyak sekali pihak-pihak swasta yang mengadakan bimbel untuk SBMPTN, dan memberikan latihan-latihan melalui website maupun buku-buku. Hal itu memudahkan kamu untuk melihat lebih jauh bentuk soal SBMPTN. Dari situ kamu dapat memprediksi sebelumnya. Kuncinya yaitu pahami konsepnya maka dengan soal apapun pasti akan lebih mudah mengerjakannya.Sehingga tidak akan grogi saat mengerjakan soal nantinya. Semakin kamu menguasai latihan tersebut, maka lebih banyak berpeluang untuk lolos. Tetapi perlu diingat, maksimalkan dalam mengikuti bimbel karena disanakan kamu dapat mengerjakan soal-soal sebanyak mungkin dan tentu dapat secara langsung mendapatkan pencerahannya.
  4. Urutkan Pilihan Sesuai Peringkat Maupun Peminatnya
    Kamu harus mempunyai strategi penting dalam memilih jurusan. Jangan sampai kamu gagal hanya karena salah memilih jurusan yang diminati. Pertama, harus mencari peminat dari jurusan yang kamu minati.Kedua, kamu harus mengurutkan dari pilihan pertama yang menunjukkan peminat terbesar hingga ke yang terkecil. Faktor lain yang harus diperhitungkan adalah tingkat passing grade dan peringkat universitas tersebut.
  5. Manfaatkan Waktumu Sebaik Mungkin
    Aturlah jadwal belajarmu sebaik mungkin dan tidak lupa tetap menjaga pola makan yang sehat. Tidak perlu gegabah dalam menentukan pilihan dan harus berkonsentrasi untuk tahap selanjutnya, yakni SBMPTN. Semakin baik kamu mengatur waktumu pasti akan semakin baik juga kamu memahami soal-soal

Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengertian, Fungsi dan Tujuan)

Previous article

Tips & Trik Cara Mengerjakan Wartegg Test

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *