0

Tes Wartegg adalah sebuah tes psikologi yang pertama kali dibuat oleh Krueger dan Sander dari University of Leipzig. Selanjutnya, tes ini dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan kemudian oleh Marian Kinget. Tujuan dari tes wartegg ini adalah mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh setiap orang namun dengan intensitas dan interelasi yang berbeda.

Struktur kepribadian tidaklah statis, berubah-ubah dan menentukan sebagian besar perilaku individu. Dengan tes ini dapat dilihat bagaimana cara subyek berfungsi, yaitu apakah normal atau abnormal. Maka bila ada satu atau beberapa komponen yang sangat dominan, menandakan bahwa struktur tidak seimbang, jadi fungsi subyek adalah defektif. Misalnya, fungsi kontrol terlalu kuat maka perilaku akan terhambat dan kreatifitas kurang berkembang, sedangkan bila imajinasi berkembang berlebihan maka kontak dengan realitas dan fungsi sosialnya terganggu.

Kesimpulannya: Dalam Tes DAP ini, kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang (calon karyawan) dinilai dari gambar yang dibuatnya. Sehingga tes DAP ini termasuk golongan psikotes grafis. Adapun yang termasuk dalam kategori psikotes grafis lainnya adalah Tes DAP (Menggambar Orang) dan Tes HTP (House Tree Person) dan Tes Baum Tree (Menggambar Pohon).
Dalam Tes Wartegg ini, anda disuguhi 8 kotak gambar yang berisi coretan-coretan yang belum diselesaikan. Anda diminta untuk meneruskan gambar tersebut sesuka anda. Kemudian setelah selesai anda diminta untuk menjelaskan gambar yang anda buat kepada penguji.

Ilustrasi Wartegg Test

Gambar 1

Gambar 1 yaitu gambar pada kotak atas paling kiri yang berupa gambar titik (.) dan terletak di tengah-tengah kotak. Gambar yang terletak di pusat ini berkaitan dengan karakter sesorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan baru yang berbeda.

Gambar 2

Gambar pada kotak kedua berupa coretan garis yang berliku seperti gelombang dimana garis ini menunjukkan fleksibilitas dari perasaan sesorang. Gambar menyerupai gelombang ini mengisyaratkan suatu kehidupan yang bebas namun tetap dinamis.

Gambar 3

Gambar pada kotak ketiga merupakan gambar 3 garis vertikal yang lurus dan sejajar dengan pola tinggi menyerupai tangga yang semakin meninggi. Gambar ini memiliki makna yang kaku namun teratur yang menunjukkan seberapa besar ambisi sesorang dalam meraih cita-cita dan kesuksesan.

Gambar 4

Gambar pada kotak keempat yaitu gambar persegi yang diblok warna hitam terletak di bagian atas sebelah kanan. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara Anda dalam memecahkan masalah.

Gambar 5

Gambar 5 yaitu pada kotak bawah paling kiri yang berupa dua garis diagonal menyerupai huruf T yang miring namun terpisah yang digunakan untuk menguji bagaimana cara Anda dalam bertindak.

Gambar 6

Gambar pada kotak 6 yaitu gambar garis vertikal dan hirizontal yang terpisah. Gambar ini bertujuan untuk melakukan tes pada cara berfikir dan analisis seseorang.

Gambar 7

Gambar pada kotak ketujuh yaitu kumpulan titik (.) yang membentuk garis lengkung. Gambar ini berkaitan dengan kehidupan dan perasaan seseorang apakah memiliki sifat yang stabil stabil dan dewasa atau kekanakan.

Gambar 8

Gambar pada kotak terakhir ini berupa garis lengkung menyerupai payung yang berfungsi untuk menguji bagaimana sifat sesorang dalam kehidupan sosialnya.

Tips Cara Mengerjakan Warteg Test

Bagi mereka yang baru pertamakali mengerjakan tes wartegg dan belum pernah mempelajarinya tentu akan sedikit kebingungan. Ada beberapa tips cara mengerjakan tes wartegg ini agar mendapatkan hasil yang lebih baik:

  • Jagalah agar kertas tetap dalam keadaan yang bersih
  • Kerjakanlah tes Wartegg ini dengan menggambar secara acak namun tetap dinamis. Jadi, tetap terdapat beberapa angka yang berurutan untuk menunjukkan kesan diri yang stabil dan konsisten.
  • Mulailah menggambar pilihan yang paling mudah dan tidak perlu berfikir terlalu lama.
  • Jika Anda adalah seorang laki-laki sebaiknya menghindari mengerjakan no. 5 terlebih dahulu karena memberikan hasil adanya kelainan seksual.
  • Untuk kotak no. 1, 2, 7, dan 8 isilah dengan gambar yang bersifat hidup, sedangkan no. 3, 4, 5, dan 6 berupa benda mati.
    Berhati-hatilah saat menggambar dan usahakan tidak menghapus gambar karena hal ini menandakan Anda seorang yang tidak tegas dan tidak terencana. Selain itu, menekan garis terlalu kuat menandakan Anda orang yang keras kepala.

Contoh pengerjaan wartegg test (hanya sebagai referensi)

Tips Agar Lolos Tes SBMPTN 2019

Previous article

Sistem Pemerintahan Indonesia Lengkap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.