0

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir, membuat lahirnya beberapa profesi-profesi baru yang tentu dengan pendapatan yang lebih baik. Sebab dari pekerjaan itu membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan khusus untuk mengembangkan bisnis tetap dalam rencana. Berikut profesi yang sangat potensial di tahun 2020:

  • Data Scientist

Pada 2012, Harvard Business Review menyebut ilmuwan data adalah pekerjaan terseksi abad ke-21. Dan selama empat tahun terakhir, Glassdoor telah mengakui itu sebagai pekerjaan No. 1 di AS berdasarkan kepuasan kerja, gaji, dan peluang.

Stansell mengatakan permintaan untuk para ilmuwan data masih paling terkonsentrasi dalam industri teknologi, tetapi itu tumbuh di setiap sektor; seperti perawatan kesehatan, keuangan, bisnis, ritel, media dan seterusnya.

“Semua perusahaan ini membutuhkan data scientist yang dapat memanfaatkan jumlah data yang mereka miliki dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berharga,” kata Stansell. Data scientist dengan gajiRp 1,5 Miliar pertahun

  • Information Security Engineer

Sejak 2010, pelanggaran data telah berdampak lebih dari 38 miliar akun, menurut perusahaan cybersecurity Risk Based Security.

Pelanggaran ini, dan kebutuhan untuk melindungi data pengguna, telah mengakibatkan keamanan informasi menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang. Insinyur keamanan informasi bekerja untuk melindungi sistem jaringan komputer organisasi, dan merencanakan serta melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk melindungi informasi sensitif dari infiltrasi dan serangan cyber. Information security engineer dengan gaji Rp 1,4 Miliar pertahun

  • Digital Marketing

Sepertinya pekerjaan ini masih populer di tahun 2020 dan di masa depan seiring perkembangan teknologi dan internet. Perusahaan yang ingin melakukan transformasi sangat membutuhkan banyak tenaga di bidang digital marketing. Spesifiknya memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), data analisis, email marketing, CMS (Content Management System), serta aktif di media sosial.

Tim digital marketing mempunyai tanggung jawab untuk memasarkan produk dan jasa yang dijual perusahaan melalui kanal digital, seperti website, email, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), blog, dan saluran digital lainnya. Digital marketing dengan gaji mulai 5-13 juta perbulan

  • Desainer Produk

Posisi desainer produk bakal dicari perusahaan untuk komersial dan industri. Merancang, menciptakan, mendesain, dan mengembangkan produk, seperti otomotif, gadget, barang-barang manufaktur, dan sebagainya. Desainer produk bisa mencerminkan bagaimana produk kita bisa bersaing dari sisi desain, dengan desain yang baik maka tentu pasar akan merespon baik pula. Desainer produk dengan gaji mulai 6-30 juta perbulan.

  • Arsitek dan Insinyur

Menurut laporan World Economic Forum 2016 memprediksi akan ada 2 juta pekerjaan di seluruh dunia yang membutuhkan arsitektur dan insinyur yang memiliki spesialisasi di bidang biochemical, nanoteknologi, dan robotika. Dan juga profesi arsitek bisa jadi incaran seiring menggeliatnya pembangunan infrastruktur, perumahan dan bangunan, serta lainnya.

  • Specialized Sales Representatives

Dari hasil riset Emerging Careers 2016 oleh University of California in San Diego memperkirakan kebutuhan akan profesi ini, terutama sales yang menguasai produk teknologi dan mobile advertising akan naik hingga 6,9% hingga tahun 2024.

Lowongan Kerja PT Astra Daihatsu Motor

Previous article

Trend 2020, 5 Jurusan dan Pekerjaan Paling Banyak Dicari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *